Senin, 07 Desember 2015

Review Film : The Uninvited (2009)

Sutradara : The Guard Brothers
Skenario : Craig Rosenberg, Duog Miro
Bintang : Emily Browning, Arielle Kebbel, Elizabeth Banks
Genre : Horor, Misteri,
Studio : Vertigo Entertainment, Goldcrest Pictures
Bahasa : English (USA)

Review
Hantu yang paling menyeramkan katanya tidak ada di kuburan. Tidak duduk ongkang-ongkang di atas pohon. Atau ngagetin di kamar mandi. Dedemit yang menyeramkan itu adanya di dalam diri kita.Diam-diam mengikuti kita, mengarahkan perilaku, dan seringkali menakut-nakuti kita sendiri, si empunya demit tadi. The Guard Brother (Carles dan Thomas Guard)–sutradara film ini, lewat naskah yang diramu Craig Rossenberg dan DOug Milo mencoba mengetengahkan tema ini. Hasilnya,lumayan membuat deg-degan.

Anna Rydell (Emily Browning) baru saja keluar dari rumah sakit jiwa. Ayahnya Steven (David B.) membawa ia ke rumah lama mereka. Rumah besar, terpencil di gugusan pantai dengan ombak dan karang yang indah. Rumah lama dengan satu orang penghuni baru, Rachell Summer (Elizabeth Banks). Anna yang ABG sebal sekali melihat pacar baru ayahnya itu. Betapa tidak, Rachell adalah suster yang merawat mendiang ibunya kala sakit. Anna mencium sesuatu yang misterius antara kematian ibunya, naiknya status rachel, dan penampakan-penampakan yang hadir dalam tidurnya.

Kecurigaannya bertambah, saat Alex, kakaknya merasakan hal yang sama. Begitupula pacarnya mengaku melihat kejadian terbakarnya rumah apung tempat ibu ANna berada. Anna bersama Alex lantas sibuk mencari kebenarannya sendiri. Setiap saat hadir detil Rachel yang mencurigakan. Tapi, ayahnya tidak pernah percaya. Lalu, mulailah jatuh korban, Matt pacar Anna ditemukan tewas di laut dengan punggung patah. Sebelumnya, saat Anna hendak tidur, penampakan Matt muncul.

Anna juga selalu dibayang-bayangi oleh jurig tiga orang anak kecil. Dua laki-laki dan satu perempuan yang selalu bilang, she’s a next target Rachel. Sungguh Anna yang semok dan bibirnya sensual itu ketakutan. Tapi, lewat pencarian sederhana, tabir tentang siapa Rachel terkuak. Rachel adalah seorang mantan suster yang pernah membunuh tiga orang anak yang diasuhnya. Rachel bersulih nama. Gotcha! Anna punya bukti bahwa Rachel betul pembunuh buronan plus pembunuh ibunya. Tapi apa betul Rachel yang mirip Jenna Jamesson itu pembunuh?

Ending film melahirkan sebuah twist yang sangat rapih. Logika yang dibangunnya mirip sekali dengan film korea Alone dan The Hair. Dari awal kita dituntun pada logika menebak-nebak siapa yang salah, siapa yang jahat. Cerdiknya si penulis skenario bisa menuntun penonton yang blah-bloh sampai akhir cerita. Hampir lupa, tentu saja big thanks buat Ji Woon Kim, produser–yang sudah melahirkan Disturbia dan The Grudge, yang menggarap film ini.Korean Taste is awfull.

Meski ada goofs disana-sini (katanya yang paling fatal adalah soal kesalahan umur 3 anak kecil itu), tapi pada ending-nya, film ini sangat menghibur. Dan si demit memang lebih menyeramkan daripada Kalong Wewe mabuk janda.
Rating: 6,8                                                        Download here (via torrent)

0 komentar :

Posting Komentar