Kamis, 09 Oktober 2014

2010: The Year We Make Contact (1984)

Sutradara : Peter Hyams
Skenario : Arthur C. Clarke, Peter Hyams
Pemeran : Keir Dullea, Roy Scheider, John Lithgow, Bob Balaban dll.
Genre : Sci-Fi, Misteri
Studio : Metro Goldwyn Mayer (MGM)
Bahasa : English, Rusia

Sinopsis Film
Ini merupakan sequel dari film 2001: A Space Odyssey (1968) yang dahulu digarap Stanley Kubrick, namun "2010: The Year We Make Contact" ini disutradarai oleh Peter Hyams. Meneruskan cerita 2001: A Space Odyssey dimana pesawat antariksa Discovery One hilang kontak bersama para awaknya di satelit (bulan) planet Jupiter, Eropa. Berselang beberapa tahun kemudian sebuah misi antariksa Amerika-Rusia menggunakan wahana Leonov dikirimkan guna mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi pada Discovery One yang hilang secara misterius tersebut. Dr. Heywood Floyd (Roy Scheider) memimpin pencarian tersebut dengan membawa awak kru diantaranya beberapa astronot Rusia serta Dr. Chandra (Bob Balaban) yang notabene adalah pencipta superkomputer HAL 9000 yang bertanggung jawab terhadap keselamatan misi Discovery One. Alasan misi ini dijalankan oleh gabungan antariksawan AS-Rusia adalah karena pada saat itu ada ketegangan akan terjadinya perang nuklir antara kedua negara tersebut, sehingga dengan misi antariksa ini diharapkan akan memunculkan solidaritas serta meredakan ketegangan pihak Barat & Timur. 

Setelah mendekati orbit Jupiter mereka mencoba untuk mengidentifikasi monolith raksasa sepanjang 2 km yang diceritakan oleh Dave Bowman (awak kru Discovery One) yang masih belum tersingkap misteri didalamnya. Ternyata identifikasi tersebut tidak berjalan dengan mudah sebab monolit tersebut seolah memberikan 'perlawanan'. Lalu, apakah Dave Bowman masih hidup, dimanakah ia kini? Apakah sebenarnya monolith tersebut? dan misteri apa yang meneyelimutinya?

Review Film
Beda sutradara, berbeda pula pemikiran akan film  yang disajikan, seperti dalam film sequel 2010 ini yang berbeda orientasinya dengan 2001: A Space Odyssey milik Kubrick yang bernuansa sci-fi filosofis, namun 2010 lebih condong ke film pure sci-fi. Tidak mudah bagi sutradara Peter Hyams untuk melanjutkan karya Kubrick yang mendapat predikat masterpiece di film 2001: A Space Odyssey. Yah, cukup lumayanlah, walaupun hingga akhir film masih belum terungkap misteri batu monolith raksasa tersebut. Walau tidak se-spektakuler film garapan Kubrick baik dari sisi kekuatan cerita maupun sinematografinya, namun 2010: The Year We Make Contact patut kita apresiasi. Yupz, langsung saja tanpa basa-basi, silahkan anda tonton sendiri filmnya, download gratis pada link dibawah ya (gunakan aplikasi torrent client).
Rating : 6,8/10                                               Download Film(via torrent)

0 komentar :

Posting Komentar