Selasa, 23 September 2014

Penyanyi Cewek Malaysia yang Populer di Indonesia

Jika pada beberapa waktu lalu saya menulis tentang grup band asal Malaysia yang pernah populer di Indonesia dan juga grup band indonesia yang disangka berasal dari Malaysia, maka kali ini saya akan mengulas tentang penyanyi asal negeri jiran yang populer atau setidaknya pernah berkarir di Indonesia. Yupz, seperti yang anda tahu, dulu di era 90an musik berbahasa Melayu biasanya dipasarkan di 4 negara, Indonesia, Malaysia, Singapore dan juga Brunei. Tentu saja akan ada inter-operabilitas diantara para penyanyi tersebut yang dikenal luas oleh 4 negara tersebut sekaligus. Tak banyak memang penyanyi Malaysia yang pernah menggapai sukses di negeri Indonesia, namun ada beberapa nama yang patut kita ingat kembali, siapa sajakah mereka? Yuk kita ulas satu per-satu.

1. Siti Nurhaliza
Nah, kalo penyanyi cantik yang satu ini anda pasti sudah mengenalnya, siapa lagi kalo bukan mbak Siti Nurhaliza. Penyanyi bernama lengkap Datin Seri Siti Nurhaliza binti Tarudin, lahir di Pahang, Malaysia, pada 11 januari 1979. Karir Siti Nurhaliza mulai menunjukkan titik cerah saat dia mengikuti kompetisi menyanyi dengan label Pertandingan Bintang Hiburan Minggu di televisi nasional Malaysia. Lomba menyanyi ini diikuti oleh Siti Nurhaliza remaja pada tahun 1995. Nasib baik berpihak pada Siti dengan memenangkan ajang pencarian bakat penyanyi muda ini. Kemenangan ini mengantarkan Siti Nurhaliza untuk memiliki album pertama tahun 1996 dengan nama yang sama, Siti Nurhaliza. Awal mula karir Siti di Indonesia adalah pada tahun 1997, dengan lagu andalan 'Betapa Kucinta Padamu' yang diambil dari album Siti Nurhaliza II. Lagu tersebut booming di tahun tersebut, di televisi maupun di staasiun radio menjadi hits dan menduduki top chart tangga lagu.

2. Sheila Majid
Jauh sebelum kemunculan Siti Nurhaliza di belantika musik Indonesia, ada nama lain yang sebenarnya telah menapaki karir menyanyi disini, dialah Sheila Majid. Ia lahir di Kuala Lumpur, Malaysia pada 3 Januari 1965, atau juga disebut "Shaheila Abdul Majide", adalah penyanyi Malaysia keturunan Mandailing-Jawa. Penyanyi ini mulai populer di Indonesia sejak diorbitkan oleh Oddie Agam pada pertengahan dekade '80an. Kala itu ia membawakan lagu ciptaan Oddie Agam yang berjudul 'Antara Anyer dan Jakarta', yang sebelumnya lagu tersebut kurang sukses dinyanyikan oleh Atiek CB, namun ketika dinyanyikan oleh Sheila Majid lagu tersebut mendapat sambutan yang sangat positif dari masyarakat Indonesia. Sejak saat itu lah namanya melambung dalam kancah musik Indonesia hingga pertengahan tahun 1990an dan menjadi salah satu legenda musik di Malaysia dan Indonesia. Ada juga lagu lain dari penyanyi ini yang cukup poopuler di Indonesia yakni lagu 'Sinaran'.

3. Nora
Wan Norafizah binti Ariffin atau lebih dikenal sebagai Nora atau kini Nora J atau Nora Ariffin, merupakan seorang penyanyi Malaysia yang mulai berkarir pada tahun 1994 dengan album pertama yang berjudul Sandiwara. Beliau berasal dari Kelantan. Di tahun yang sama nama Nora juga mengorbit di Indonesia melalui sebuah lagu berjudul 'Dilema' (di Malaysia berjudul 'Di Persimpangan Dilema') yang dikemas dalam album khusus yang ditujukan untuk pasar Indonesia dengan judul album yang sama "Dilema" yang dirilis dibawah naungan Warner Music pada tahun 1994. Di masa itu Nora sempat mengecap manisnya kejayaan karir menyanyi yang berhasil melambungkan namanya di dua negara sekaligus, yaitu Indonesia dan juga Malaysia.

4. Ella
Nah ini dia rocker cewek asal negeri jiran yang dulu nge-top di Indonesia, yupz dia adalah Ella. Penyanyi bernama lengkap Nor Zila binti Haji Aminuddin ini lahir di Pulang Pinang, Malaysia pada 31 juli 1966. Lagu-lagu Ella yang pernah nge-hits di jagat musik Indonesia di era '90an antara lain: 'Sembilu', 'Berlayar Tak Bertepian' dan juga 'Mendung Tak Berarti Hujan' yang duet ama Deddy Dores. Dengan suara serak Ella khas rocker sejati, karir Ella pun berjalan mulus di negeri ini, apalagi dengan menggandeng musisi sekelas Deddy Dores yang notabene adalah komposer lagu paling produktif di Indonesia. Tahu gak suh guys, ternyata selain berprofesi sebagai rocker, Ella juga adalah seorang artis dan model lho. Padahal kita tahunya Ella itu lady-rocker yang kalo manggung atau nyanyi pakai celana jeans yang robek-robek di bagian lutut, dan juga baju hitam ala rocker dengan rambut acak-acakan.

0 komentar :

Posting Komentar