Selasa, 23 September 2014

2001: A Space Odyssey (1968)

Sutradara : Stanley Kubrick
Pemeran : Keir Dullea, Gary Lockwood, William Sylvester dll.
Genre : Sci-Fi, Misteri
Studio : Metro Goldwyn Mayer (MGM)
Bahasa : English, Rusia

Film fiksi-ilmiah besutan sang maestro sinema Stanley Kubrick ini bernuansa klasik, yup inilah 2001: A Space Odyssey. Bagi para penggemar film sci-fi anda wajib menonton film yang satu ini, bahkan di banyak situs film terkemuka, film tersebut selalu mendapatkan penilaian yang tinggi dan mendapatkan predikat film terbaik sepanjang masa. 

Sinopsis
Diawali di era yang berkisah dengan setting 4 juta tahun S.M. di sebuah padang rumput Afrika, sekelompok kera sedang mencari makanan. Akibat ketidak-mampuan kera-kera tersebut untuk melindungi diri, mereka dengan mudahnya diserang hewan predator seperti macan tutul dsb. serta terusir dari kelompok kera lain dalam perebutan sumber air. Tapi semua berubah, saat keesokan harinya mereka menjumpai sebuah batu monilith yang berdiri tegak di depan mereka tinggal. Kera-kera tersebut menyentuhnya dan tak lema kemudian mereka menjadi lebih memiliki intelejensi dan juga mempunya naluri untuk membunuh.

Kisah pun melompat jauh ke masa depan di tahun 1999, sebuah pesawat ruang angkasa yang mengorbit bumi diawaki oleh astronot Dr. Heywood Floyd (William Sylvester), memperoleh informasi tentang sebuah batu monolith hitam setinggi 3 meter berhasil ditemukan terkubur di permukaan bulan. Dari hasil riset diketahui bahwa benda misterius tersebut sengaja dikubur (disembunyikan). Para ahli yang datang ke lokasi monolith tersebut berada, lalu menyentuh batu tersebut dan seketika itu timbullah suara frekuensi yang memekakan telinga.

18 bulan kemudian, wahana ruang angkasa Discovery One yang menjalani misi menuju planet jupiter dengan awak David Bowmen dan Francis Poole harus berurusan dengan super-komputer didalam pesawat yang mereka tumpangi. Super-komputer cerdas HAL 9000 yang entah kenapa terjadi error pada programnya dan 'membangkang' perintah para awak, malah berusaha membunuh para awak di kapal tersebut. Sementara itu, ada sebuah monolith lainnya yang berada di orbit Jupiter. Bownman pun mendapat kejutan dari benda tersebut yang tak pernah ia bayangkan sebelumnya. Apakah yang akan terjadi?

Review
2001: A Space Odyssey merupakan suatu masterpiece fenomenal bagi dunia film sci-fi. Bagaimana tidak, sang sutradara Stanley Kubrick berhasil membuat penonton terkagum-kagum akan akurasi prediksi masa depan dari sutradara yang pada saat film ini dibuat saja, era teknologi belum berkembang pesat. Contohnya seperti: misi penjelajahan ruang angkasa, teknologi super-kompueter dan hibernasi serta video-chat. Dan yang lebih membuat saya heran adalah bagaimana Kubrick mendeskripsikan alam semesta yang masih banyak menyimpan misteri, padahal saat itu belum ada manusia yang menginjakkan kakinya di bulan maupun di planet lainnya, sungguh mengagumkan bukan?

Walaupun cerita berjalan dengan alur yang lambat, film ini menyajikan sesuatu yang luar biasa bermakna bagi penontonnya. Bagi kebanyakan orang mungkin menonton film ini akan terasa sangat menjemukan, apalagi inti cerita dari film ini juga multi-tafsir dan sangat abstrak. Perlu pemikiran dan renungan yang mendalam agar dapat menangkap maksud dari film ini. Saya pun dibuat mengernyitkan dahi ketika menonton film ini, sambil menerka-nerka apa sih yang ingin diungkapkan oleh Kubrik di film ini? Namun saya menerka bahwa monolith tersebut merupakan sesuatu yang mengiringi perjalanan hidup manusia di alam semesta, dan memberikan katalis serta tuntunan dalam berjalannya evolusi suatu makhluk hidup. Anda penasaran? Yuk tonton aja filmnya, unduh pada tautan dibawah ya guys (pake aplikasi torrent-client tuk mendownloadnya).
Rating : 8.0/10                                            Download film(via magnet link)

0 komentar :

Posting Komentar