Jumat, 06 Juni 2014

Review Film : Phobia 2 (2009)

Sutradara : Banjong Pisanthanakun, Visute Poolvoralaks, Songyos Sugmakanan, Parkpoom Wongpoom
Bintang     : Jirayu Laongmanee,Worrawech Danuwong,Charlie Trairat,Nicole Theriault,Marsha Wattanapanich
Genre        : Horor
Studio        : GMM Thai Hub (GTH)
Bahasa       : Thai
Durasi        : 120 menit

Phobia2 merupakan sequel dari film horor Thailand "4bia" yang dirilis pada tahun 2008 silam. Sequel kedua film ini rilis satu tahun kemudian, tepatnya tahun 2009 namun dengan judul "Phobia 2". Sama seperti film pendahulunya, fihobia 2 juga merupakan film horor omnibus dimana berisi beberapa film pendek. Bedanya jika pada sequel pertama (4bia) terdiri atas 4 film pendek, maka pada Phobia2, berisi 5 buah film. Apa saja omnibus film tersebut? Nah akan kita bahas satu per-satu, yakni ada 5 buah cerita : Novice (Karma), Ward (Bangsal), Backpackers, Salvage (Penyelamatan) dan In The End. Phobia2 memiliki cerita yang lebih menyeramkan dibanding prequel-nya.

1. Novice
Kisah pertama, Novice, menceritakan tentang seorang anak muda bernama Pey yang dikirim ke pedalaman guna menjadi bhiksu. Pey dikirim untuk menjadi bhiksu karena telah melakukan tindak kriminal yang mengakibatkan seorang sopir tewas, yang mana sopir tersebut ternyata adalah ayah Pey sendiri. Jadi si Ibu berharap dengan memasukkan Pey ke sana, dapat menghindari hukum. Di lingkungan bhiksu tersebut, Pey mengalami banyak kejadian mistis. Pey dikenalkan cerita tentang hantu lapar. Penduduk sekitar menghaturkan sesajen kepada para hantu lapar tersebut dan tak seorang pun boleh memakan sesajen itu. Tapi Pey malah melanggar, karena lapar Pey pun mengambil sedikit sesajen itu, dan gangguan demi gangguan pun menimpa Pey. Pey pun berusaha untuk kabur dari pedalaman itu. Berhasilkah?

2. Ward
Seorang pemuda terpaksa memasuki rumah sakit karena kecelakaan dan membuat dia tidak bisa berjalan untuk sementara waktu. Dia ditempatkan dalam kamar yang bersebelahan dengan pasien koma yang menggunakan alat bantu pernapasan agar hidupnya lebih panjang. Pemuda itu penasaran dengan siapa pasien yang ada disampingnya, karena pasien itu tidak bergerak sama sekali. Lama-kelamaan, teror demi teror melanda pemuda itu. Dimulai dengan hidupnya televisi sampai mimpi-mimpi yang membuat pemuda tersebut tidak betah dan ingin pindah kamar. Di akhir cerita ternyata sang suster sengaja menempatkan pemuda itu di kamar itu untuk transformasi jiwa dari pasien yang koma tersebut.

3. Backpackers
Sepasang Backpacker asal Jepang sedang berwisata di tanah Thailand. Mereka menumpang sebuah truck box menuju kota Bangkok. Di tengah perjalanan ternyata ada sesuatu yang disembunyikan di dalam truck tersebut. Banyak mayat bergelimpangan didalam box dan lebih mengherankannya ternyata mayat-mayat ini merupakan perantara peredaran narkoba di Thailand. Di dalam tubuh mayat-mayat terdapat narkoba. Sang supir pun panik dan membuang mayat-mayat tersebut di sebuah tanah kosong jauh dari keramaian. Apa yang terjadi selanjutnya? ternyata mayat-mayat itu hidup dan menjadi zombie serta berusaha membunuh Supir, Asisten Supir dan 2 backpakers asal Jepang tersebut.

4. Salvage
Cerita keempat berlokasi di tempat jual-beli mobil. Seorang wanita yang merupakan pemilik dari tempat jual mobil itu. Suatu ketika, saat wanita itu sedang menawarkan mobil kepada pelanggan, seorang client marah-marah dan mengembalikan mobil yang telah dia beli. Ternyata mobil-mobil yang dijual mempunyai cerita yang kelabu. Kebanyakan mobil disana adalah mobil bekas kecelakaan yang telah diperbaiki sehingga tampak asli. Suatu malam, anak pemilik toko mobil ini menghilang. Pemilik mobil itupun panik dan mencoba mencari anaknya yang hilang. Disinilah gangguan-gangguan mulai terlihat.

5. In The End
Merupakan cerita penutup dari sequel Phobia2 ini. Masih menggunakan gaya komedi seperti di film 4bia. Empat orang pemuda melakukan syuting film horor sequel. Pemeran hantu dalam film ini tiba-tiba muntah darah dan harus dilarikan ke rumah sakit. Di Studio, para kru resah dengan sakitnya pemeran hantu ini tapi keresahan itu terobati karena dia telah kembali. Tapi apa yang terjadi, salah satu kru mendengar bahwa pemeran hantu itu telah meninggal, terus siapakah dia?

Film horor asal negeri gajah putih memang memiliki kualitas yang cukup baik, hal ini layak dijadikan patokan bagi sineas tanah air dalam genre horor. Satu hal yang menarik dari film horor Thailand yang satu ini adalah, cerita yang satu dengan lainnya ternyata masih memiliki kaitan. Arthit, pemuda yang dirawat akibat kecelakaan ternyata teman Pey saat merampok truk. Mobil merah yang ditumpangi remaja Jepang dan anak laki-laki zombie sepertinya dijual kepada Nuch. Rumah sakit dan dokter yang merawat Arthit sama dengan rumah sakit dan dokter yang merawat Kate.
Ok. bagi yang ingin menonton film Phobia2, silahkan unduh pada link dibawah dengan menggunakan aplikasi torrent client semacam Bittorrent atau utorrent.
Rating : 7.5/10                                                  Download (via Torrent)

0 komentar :

Posting Komentar