Jumat, 30 Mei 2014

Tor, Software Anti-Sensor Untuk Berselancar Di Dunia Maya

Tor atau The Onion Routers merupakan software sekaligus sebuah server yang membuat penggunanya anonim dalam berselancar di dunia maya. Tor bekerja dengan cara mengarahkan lalu lintas internet melalui jaringan sukarelawan yang disediakan secara gratis di seluruh dunia, dengan lebih dari 6.000 relay. Tor berfungsi menyembunyikan jejak/identitas pengguna internet (menjadi anonim). Orang-orang yang menggunakan Tor menggunakan jaringan Onion Routers, hal ini menjadikan lokasi si pengguna internet tadi menjadi rahasia. 
Tor dapat digunakan untuk hal-hal yang melawan hukum dalam beberapa tempat, seperti mengkritik pemerintahan suatu negara, menyebarkan berkas hak cipta, bahkan hingga untuk menyebarkan konten pornografi. Nah, bagi anda yang sudah gerah dengan banyaknya sensor/blokiran dalam mengunjungi website-website tertentu, silahkan gunakan aplikasi Tor yang satu ini. Tenang aja, aplikasi ini portable koq, anda tidak usah menginstalnya, cukup jalankan saja dari PC anda. 

Caranya sangat mudah, instal terlebih dahulu browser Firefox pada PC anda (jika belum ada). Jalankan aplikasi Tor Browser yang sudah anda download tadi, tunggu beberapa saat hingga browser tersambung dengan jaringan Tor. Aplikasi Tor akan memakai Browser Mozilla sebagai inangnya, tampilan browser Mozilla pun akan sedikit berubah setelah Tor aktif. O ya, 'Vidalia' merupakan kontroler antarmuka grafis pada Tor. Berikut langkah detil penggunaan Tor ini :

Untuk bisa terhubung dengan jaringan Tor, lakukan langkah-langkah ini: 
1. Langkah pertama, Cari Tor Browser di folder tempat Anda menyimpannya, kemudian double klik untuk mengaktifkan tampilan di bawah ini:
Sementara Vidalia Control Panel berusaha terhubung dengan jaringan Tor, lambang bawang kuning akan muncul pada tray system Anda. Saat koneksi Anda telah berhasil didirikan dengan jaringan Tor, maka warna bawang tersebut berubah menjadi hijau.

2. Beberapa saat kemudian, Tor Browser akan mengaktifkan Mozilla Firefox, menunjukan tampilan seperti di bawah ini:
Setiap kali Anda menjalankan program Tor Browser, hal itu akan mengaktifkan Vidalia Control Panel secara bersamaan dan Pengaya Torbutton akan muncul pada bagian pojok bawah kanan. Torbutton digunakan untuk mengatur Firefox agar terhubung dengan benar pada jaringan Tor. Cukup klik Torbutton untuk mengubah statusnya menjadi aktif atau non-aktif.

Cara Konfigurasi Mozilla Firefox untuk penggunaan dengan Tor

Torbutton adalah pengaya atau ekstensi untuk Mozilla Firefox, sebuah program kecil yang dirancang untuk melindungi identitas Anda dan keamanan kegiatan online Anda dengan memblokir beberapa kelemahan yang ada pada Mozilla Firefox. 

Penting: Situs berbahaya atau bahkan server Tor masih dapat membocorkan informasi mengenai lokasi dan aktifitas online Anda, bahkan saat Anda sedang menggunakan Tor. Untungnya, konfigurasi asal dari Torbutton relative aman; bagaimanapun juga, kami sarankan Anda untuk mengubah pengaturan berikut untuk mengoptimalkan privasi dan keamanan kegiatan online Anda. 
Jendela Torbutton Preferences mempunyai 3 tabs yang memungkinkan Anda menspesifiksi pilihan berbeda: 
  • Tab Proxy Settings
  • Tab Security Settings
  • Tab Display Settings
Jendela Torbutton Preferences dapat diakses terlepas apakah Torbutton aktif atau tidak. Untuk memunculkannya, pilih menu preferences untuk mengaktifkan layar berikut:
1. Tab Proxy Settings 
Tab Proxy Setting mengatur bagaimana Firefox mengakses Internet saat Torbutton menyala. Anda tidak perlu mengubah apapun pada tab ini.

2. Tab Security Settings 
Tab Security Setting dirancang untuk pengguna berpengalaman atau ahli dengan pengetahuan mendalam tentang keamanan browser dan Internet. Pengaturan awal pada tab ini menawarkan tingkat keamanan dan privasi yang cukup tinggi untuk pengguna pada umumnya. Security Setting ini memungkinkan Anda mengkonfigurasi Torbutton mengatur riwayat perambah, cache, kukis dan fitur lain pada Firefox.
3. Tab Display Settings 
Tab Tab Display Setting memungkinkan Anda untuk menampilkan bar status Torbutton pada FirefoxJendela Torbutton Preferences dapat diakses terlepas apakah Torbutton aktif atau tidak. Untuk memunculkannya, pilih menu preferences untuk mengaktifkan layar berikut:
Bagi anda yang ingin mendownload aplikasi Tor Browser untuk Os Windows, silahkan unduh pada tautan dibawah ini:
Download Tor here                                  Pass : Musikindo99.blogspot.com

0 komentar :

Posting Komentar