Jumat, 13 Desember 2013

Review Film : Rumah Dara (2010)

Sutradara : Kimo Stamboel, Timo Tjahjanto
Bintang    : Ario Bayu, Shareefa Danish, Julie Estelle, Daniel Mananta, Arifin Putra
Genre      : Horor, Slasher
Studio      : Gorylah Pictures, Merah Production, Guerillas Visual
Bahasa    : Indonesia

Film garapan duet sutradara Kimo Stamboel dan Timo Tjahjanto atau atau biasa disebut 'Mo Brothers' ini menuai banyak pujian dari para pecinta film horor, baik di dalam negeri maupun di mancanegara. Hal ini juga makin menguatkan bahwa The Mo Brothers kian nyaman dengan film bergenre slasher. "Rumah Dara" merupakan sebuah film horor slasher (jagal) asal Indonesia yang dirilis pada januari 2010 silam. Film ini bercerita tentang sekelompok muda-mudi yang terjebak dalam sebuah rumah milik seorang pembunuh sadis nan penuh misteri bernama Dara. Boleh dibilang kalau film ini menjadi ajang reuni bagi aktris Julie Estelle dan Imelda Therrine setelah mereka berkolaborasi dalam film "Kuntilanak 3".

Sinopsis
Kisah diawali dengan seorang pasangan suami-istri bernama Adjie dan Astrid (sedang hamil besar) akan pergi ke Sydney guna memulai hidup baru. Bersama teman-temannya (Eko, Alam dan Jimmie) dari Bandung hendak ke Jakarta, namun mereka berhenti sebentar di tempat kerja Ladya. Adjie ingin Ladya ikut mengantarkannya ke bandara, dan akhirnya setelah Ladya berdebat, mereka pun jadi pergi. Di tengah perjalanan, mereka bertemu seorang perempuan bernama Maia, yang mengaku bahwa ia telah dirampok. Karena iba, akhirnya mereka mengantarkan Maia pulang ke rumahnya. Sesampainya di rumah Maia, mereka pun dijamu dan diperkenalkan kepada seorang perempuan anggun yang misterius bernama Dara (Shareefa Danish). Dari sinilah maksud baik seseorang berubah menjadi bencana. Lalu, apakah yang akan terjadi dengan mereka? Dan siapakah sebenarnya keluarga misterius tersebut? Yuk simak aja dan download filmnya pada tautan yang paling bawah.

Review
Sebelum ditayangkan di Indonesia, karakter Dara telah lebih dahulu populer lewat segmen film pendek "Dara" dalam antologi film "Takut : Face of Fear" yang rilis pada tahun 2008, juga disutradarai oleh The Mo Brothers yang mana sukses ditayangkan pada festival-festival fim internasional. Segmen "Dara" pada film Pendek tersebut banyak mendapat respon positif, sehingga pecinta film horor menaruh harapan besar aagr "Dara" dibuatkan satu film full.

Secara keseluruhan, apa yang sudah oleh Mo Brothers berikan dalam film "Rumah Dara" ini boleh dibilang cukup menarik. Bagi mereka yang terbiasa dengan film horor Indonesia nan selalu bernuansa mistis, "Rumah Dara" tentunya akan memberikan teror baru. Walau ada beberapa titik kelemahan dalam film ini, namun dapat saya katakan bahwa "Rumah Dara" secara kualitas jauh diatas film-film horor Indonesia pada umumnya. Di lain pihak, efek visual yang dihadirkan dalam "Rumah Dara" cukup bagus. The Mo Brothers berhasil menyajikan efek yang meyakinkan untuk dipadukan dengan jalannya cerita film ini. Gelap dan misterius, tata musik yang dipilih pun terbuilang unik dengan menggunakan lagu-lagu Indonesia bernuansa klasik, tentunya sangat sesuai dengan tema dan latar belakang "Rumah Dara".
Rating : 7.0/10                                              Download film (via indowebster)  

0 komentar :

Posting Komentar