Minggu, 10 November 2013

Pengabdi Setan (1982)

Sutradara : Sisworo Gautama Putra
Skenario  : Subagio S, Sisworo G Putra, Naryono, Prayitno, Imam
Bintang    : Ruth Pelupessy, WD Moctar, Fachrul Rozy, Simon Cader, Diana Suarkom, Damsyik
Genre      : Horor, Thriller
Studio      : Rapi Films
Bahasa    : Indonesia


Sinopsis

Ada sebuah keluarga kaya raya nan jauh dari agama, baru saja mendapat musibah ketika ibu mereka wafat. Sang ibu meninggalkan suami bernama Hendarto (WD Mochtar) yang cuma peduli akan bisnisnya. Dan anak perempuan bernama Rita yang doyan dugem serta seorang putra bernama Tomy yang hidupnya menjadi labil akibat kepergian sang ibundanya. Begitulah, mengapa saya katakan bahwa keluarga tersebut 'jauh dari agama' dan tak pernah sekalipun beribadah. Hanya sang pembantu bernama Karto saja yang taat agama dan sering mengingatkan keluarga tersebut. 

Pada suatu malam, Tomy diganggu arwah sang ibu yang mengetuk-ngetuk jendela kamarnya serta memangilnya. Bukan hanya Tomy, Rita pun melihat penampakan arwah sang ibu ketika ia pulang dari clubbing bersama sang kekasih, Herman. Keadaan bertambah parah sejak Hendarto mempekerjakan Darminah sebagai pembantu baru di keluarga itu. Teror di rumah itu makin hari kian menjadi-jadi, dan kematian pun mendatangi orang-orang di keluarga ini satu persatu. Ini dimulai dengan tewasnya Pak Karto yang mayatnya ditemukan Tomy dalam keadaan tergantung. Menyusul kemudian kematian Herman, sang kekasih Rita yang tewas tertabrak mobil saat hendak mencari dukun guna menyelesaikan persoalan ini. Akhirnya Hermanto sendiri yang memanggil dukun ke rumahnya, padahal sebelumnya ia tak percaya dengan hal-hal berbau klenik. Namun ternyata, kekuatan sang iblis (Darminah) terlalu kuat, dan dukun pun tewas. Melihat hal ini, Darminah murka danmulai membangkitkan mayat Pak Karto, Sang Ibunda, dan Herman untuk menghancurkan keluarga yang minim iman tersebut.

Review
Film "Pengabdi Setan" ini walaupun sebuah film jadul era 80an, ternyata hingga kini masih tergolong film seram yang layak anda tonton, dibanding dengan film horor esek-esek seperti kebanyakan film-film sekarang ini. Setidaknya jika dilihat dari segi alur cerita, orisinalitas dan pengambilan gambar yang cukup relistis. Momen paling memorable yang saya ingat dari film ini adalah ketika adegan saat Ibunya Tomy mengetuk jendela dan melambai-lambaikan tangan. Sayang sangat terkenang sekali pada scene tersebut, padahal dahulu saya nonton saat masih SD lho. Yah, dari segala kekurangan yang ada pada film tersebut, setidaknya aura horor dalam film ini begitu kental, kengerian-kengerian yang ada di film jadul inilah yang amat saya rindukan. Bagi yang berminat silahkan download filmnya pada tautan dibawah ini :
Rating : 6.5/10                                     Download film here (via indowebster)                     

0 komentar :

Posting Komentar