Rabu, 13 November 2013

Jagad X Code (2009)

Sutradara : Herwin Novianto
Skenario  : Armantono
Pemeran  : Ringgo, Mario Irwinsyah, Opi Bachtiar, Tika Putri, Tio Pakusadewo, Ray Sahetapy, Uly Artha
Genre      : Komedi
Studio      : Maleo Pictures
Bahasa    : Indonesia, Jawa

Sinopsis
Tiga anak muda pengangguran yakni Jagat (Ringgo), Bayu (Mario), dan Gareng (Oppie) yang tinggal di bantaran Kali Code, Yogyakarta. Masing-masih dari 3 orang sahabat tadi mempunyai impian masing-masing yang ingin mereka wujudkan walaupun tidak tahu harus bagaimana caranya. Jagat ingin membelikan mesin cuci untuk ibunya yang bekerja sebagai seorang binatu. Sedangkan Bayu, ia ingin memiliki lapak jualan buku & majalah sendiri sehingga tak perlu dikejar-kejar petugas ketertiban lagi. Sementara Gareng, ia ingin membuatkan adiknya sebuah salon sederhana. 

Pertemuan yang tak disengaja dengan seorang preman bernama Semsar (Tio Pakusadewo), tiba-tiba saja merubah semuanya. Semsar memberikan job pada mereka dan menawarkan imbalan sebesar Rp 30 juta apabila mereka berhasil mendapatkan benda yang sedang dicari Semsar, yaitu sebuah flashdisk. Meskipun tak tahu apa sebenarnya itu flashdisk, ketiga orang sahabat tersebut menyanggupi akan mendapatkan flashdisk yang Semsar inginkan. Pertama-tama jelas, bahwa mereka akan mencari tahu apa sih flashdisk itu. Dan nahasnya, para tetangga yang mereka tanyai tentang apa itu flashdisk, ternyata juga sama tidak tahunya dengan mereka bertiga. Kesenjangan perkembangan teknologi rupanya seolah mengasingkan masyarakat Kali Code dari lingkungan luarnya.

Namun ketika pada akhirnya flashdisk yang mereka cari telah ditemukan, barulah mereka mengerti mengapa benda sekecil itu dicari oleh banyak pihak dan bernilai rupiah sangat mahal. Benda itu berisi rahasia banyak pihak, termasuk ayah Regina (Tika Putri), sahabat mereka bertiga. Kini, persahabatan mereka sedang diuji, melupakan benda kecil tersebut atas nama kejujuran & persahabatan atau mendapat uang Rp 30 juta yang sudah dijanjikan Semsar.

Review
Sebagai film bergenre komedi, Jagad X Code berhasil memberikan hiburan bagi penonton, dengan banyolan dan tingkah polah dari trio sahabat tersebut. Pengambilan lokasi syuting di pinggiran kota Yogyakarta turut memberikan nuansa budaya yang kental, sehingga penonton juga dapat mengetahui suasana kota yang dijuluki sebagai kota gudeg tersebut. Apalagi ditambah dengan adanya si cantik Regina yang diperankan oleh Tika Putri, seolah menambah nilai plus bagi film ini. Saya angkat topi dengan sutradara film ini yang dapat memadukan unsur komedi, budaya dan nilai moral yang tersirat dalam film ini. Silahkan download filmnya pada tautan dibawah ini.
Rating : 7/10                                           Download here (via Indowebster)

0 komentar :

Posting Komentar