Minggu, 03 November 2013

Duel (1971)

Sutradara : Steven Spielberg
Skenario  : Richard Matheson
Pemeran  : Denis Weaver, Eddie Firestone, Gene Dynarsky
Genre      : Misteri, Thriller
Studio      : Universal Studios
Bahasa     : English

Film low-budget yang banyak mendapat pujian dari para kritikus film ini, dirilis oleh Universal Studio pada tahun 1971. Waktu shooting-nya pun terbilang singkat, hanya memakan waktu 2 minggu. Film yang disutradarai oleh Steven Spielberg ini, memiliki plot yang sederhana. Berkisah tentang seorang saleman bernama Mann yang sedang melakukan perjalanan melintasi jalan pinggiran California yang sunyi. Tiba-tiba saja ada sebuah mobil kontainer yang membuntuti mobilnya. Perjalanan diselingi oleh pit-stop dan dengan dialog yang minim, namun hal inilah yang dapat membuat suspense jadi meningkat. Tanpa alasan yang pasti, sang salesman sepanjang perjalanan harus menerima teror maut dari truk monster tadi, dan memaksanya untuk kejar-kejaran melarikan diri. 

Film ini berakhir seperti judulnya "Duel", pertarungan hidup/mati antara sedan merah ringkih melawan truk diesel raksasa yang digdaya. Dari beberapa film bertema sejenis yang pernah saya tonton, seperti "Joy Ride", "Highwayman" atau "Roadrage", saya dapat menyimpulkan bahwa film "Duel" inilah yang terbaik. Yupz, film ini layak untuk di tonton, dengan alur cerita yang sederhana, setting jalanan serta hanya menampilkan 2 karakter yang itu-itu aja (sang sales dengan mobil sedan ringkihnya dan truk gendeng yang dikemudikan si Psikopat) tenyata tak membuat film ini membosankan. Yang uniknya lagi, sepanjang film, wajah sang Psiko pengemudi truk tidak pernah ditampilkan, yang kita saksikan cuma lambaian tangan si Psiko yang mengemudikan truk tersebut. Lalu siapakah yang memenangi duel ini? Silahkan anda tonton saja sendiri filmnya, link download ada pada tautan paling bawah.

Pendapat Spielberg Tentang Film Ini?
"Ketakutan kita akan sesuatu yang tidak kita ketahui/mengerti, bisa jadi adalah ketakutan terbesar, maka saya sengaja tidak menampilkan wajah si Penjahat & juga motif perbuatannya, untuk memelihara ketidaktahuan penonton... efek dari ini juga membuat truk itu menjadi penjahat yang sebenarnya... lebih dari sang pengemudi... Ini poin saya. Saya memang ingin membuat film tentang monster raksasa (truk) versus manusia biasa...". 

Dialog yang terjadi dalam film ini sangat jarang (wajar saja, karena karakternya pun dapat dihitung jari). Kalian penggemar film yang anti dengan dialog, patut menonton film "Duel" ini. Dari awal sampai akhir film, full action, alhasil banyak ditemukan monolog. Spielberg dengan cerdasnya memainkan kamera untuk menghidupkan monolog ini sehingga kita pun tergiring untuk mengikuti apa yang sedang dipikirkan tokoh itu (adegan di sebuah rest area ketika Mann bingung, yang manakah pengemudi truk monster itu, sementara di dalam ada 5 orang yang sama-sama mencurigakan). Walaupun ini film perdana Spielberg, minim budget, sedikit pemain dan nyaris tanpa efek, ternyata film ini sudah menyuguhkan sinematografi yang layak diacungi jempol dan akan membuatmu terpaku hingga film usai.

Rating : 8/10                                              Download here (Via magnet link)

0 komentar :

Posting Komentar