Selasa, 23 Juli 2013

6 Penyanyi Indonesia Yang Meninggal Di Usia Muda

1. Nike Ardilla
Umur manusia tidak ada yang bisa mengira, masih muda, karir sedang ada di masa emasnya serta bertalenta & cantik. Yupz, dialah sang lady rocker legendaris Indonesia, Nike Ardilla, gadis yang lahir pada 27 desember 1975 di kota kembang. Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan namanya, Nike meninggal dunia akibat kecelakaan mobil yang hingga kini masih menyimpan misteri dibalik kasus kecelakaan tersebut (baca disini). Semasa hidupnya Nike dikenal sebagai gadis yang ramah, memiliki jiwa sosial yang tinggi dan multi-talenta. Tak lama setelah kematianya nama Nike Ardilla justru menjulang. Publik masih terus membicarakan Nike Ardilla. Majalah Asia Week menafsirkan Nike dalam sebuah kalimat satir “In Dead She Soared” atau “Dalam Kematian Dia Bersinar”. Setiap tahunnya ribuan penggemar yang tergabung dalam Nike Ardilla Fansclub melakukan ritual khusus pada tanggal 19 Maret dan 27 Desember yaitu berziarah ke makam dan mengadakan acara mengenang Nike seperti memutarkan film-film Nike dan menyanyikan lagu-lagu Nike di Bandung, tempat kelahiran dan tempat berpulangnya Nike. Sebuah museum juga didirikan di Jalan Soekarno-Hatta, Bandung.

2. Poppy Mercury
Tidak berselang lama setelah kematian Nike Ardilla, Kota Kembang kembali menangis karena kehilangan lagi satu penyanyi berbakat, yakni Poppy Mercury (simak profilnya disini). Penyanyi yang bernama asli Poppy Yusfidawati ini menigal dunia di usia yang masih relatif muda, tepatnya pada tanggal 28 agustus 1995 karena menderita sakit komplikasi maagh, bronkhitis dan rematik di RS Hasan Sadikin, Bandung. Poppy telah menorehkan banyak prestasi di dunia musik Indonesia dengan lagu-lagunya yang merdu. Lagu yang pernah hits dari Poppy antara lain 'Antara Jakarta & Penang', 'Terlambat Sudah', 'Surat Undangan' dan 'Hati Siapa Tak Luka'. Karirnya tak hanya sukses di dalam negeri semata, namun ia juga berhasil meraih ketenaran di negeri tetangga, Malaysia, Singapore dan Brunei. Tak seperti Nike Ardilla yang memiliki fans fanatik yang loyal mengadakan acara guna mengenang kepergian bitang pujaannya itu, namun rupanya masyarakat seolah melupakan begitu saja memori Poppy Mercury setelah kematian Poppy. Ironis memang, namun itulah kenyataannya.

3. Richie Ricardo
Richie Ricardo, aktor yang juga penyanyi tampan yang lahir pada tanggal 2 Mei 1960 ini meninggal pada saat usianya masih 32 tahun pada bulan Desember 1993. Ia termasuk sebagai selebritis yang bisa dibilang berhasil di dua bidang sekaligus. Dalam film-filmnya ia selalu memainkan peran stereotip yaitu sebagai cowok lugu yang akhirnya 'dikerjain' oleh cewek-cewek disekitarnya. Dalam dunia musik, Richie sempat melejit lewat album 'Oh Nona Manis', 'Hujan & Cinta' dan 'Cuma Dia'. Tetapi sayang, pada masa keemasannya ia meninggal dunia karena penyakit Kanker Otak. Didalam filmnya ia sempat menjadi peran utama dalam film "Bercinta", "Permainan Cinta", "Gadis Telephon", "Rambut Keriting" dan "Ranjang Setan".

4. Andy Liany
Era 90'an memang banyak sekali musisi rock tanah air, produktivitas mereka dalam menghasilkan karya musik bermutu tak dapat kita pungkiri. Salah satunya adalah Andy Liany, rocker kelahiran Tanjungpinang ini menorehkan memori manis bagi penggemarnya. Ia meninggal di tahun 1995 dalam sebuah kecelakaan mobil disaat karirnya sedang mengembang. Lagu-lagunya memiliki karakter yang khas dan takkan terlupakan dihati insan musik Indonesia. Ada beberapa lagu yang menjadi hits andalannya, sebut saja seperti lagu 'Sanggupkah', 'Antara Kita', 'Ingin Rasanya' dan masih banyak lagi dech. 

5. Abiem Ngesti
Abiem Ngesti, belia pelantun lagu ‘Pangeran Dangdut’ (yang sempat hits di tahun 1992) merupakan satu-satunya penyanyi anak-anak yang pada saat itu ‘terus terang’ meniti kariernya lewat jalur dangdut, dan sempat ngetop sebagai penyanyi dangdut remaja dengan album album selanjutnya, antara lain ‘Kugenggam Dunia’ dan ‘Dahsyat’ (1995). Sayang sekali obsesinya untuk menjadi Raja Dangdut di masa depan kala itu tidak kesampaian, sebuah kecelakaan merenggut nyawanya di tahun 1995, menyusul beberapa selebriti lain yang mati muda di tahun itu juga (Nike Ardilla, Ryan Hidayat, Andy Liani, Poppy Mercury).

6. Alda Risma
Alda Risma Elfariani atau lebih populer dengan nama Alda Risma adalah seorang penyanyi sekaligus aktris Indonesia. Wanita bertinggi badan 160 cm ini sempat populer populer melalui lagu 'Aku Tak Biasa' dan 'Patah Jadi Dua' sekitar tahun 2000 awal. Ia pernah pula berkolaborasi dengan Boy Band ”Code Red”. Artis kelahiran 23 November 1982 ini meninggal pada saat usianya masih 24 tahun pada Tanggal 12 Desember 2006. Alda ditemukan meninggal disebuah kamar hotel, sekujur tubuhnya dipenuhi dengan bekas suntikan, diduga Alda meninggal karena overdosis. Namun menurut analisis selanjutnya, kematian Alda disebut sebagai pembunuhan yang dilakukan oleh Ferry Surya Prakasa yang adalah kakak ipar pemain sinetron Ferry Salim.

0 komentar :

Posting Komentar