Selasa, 21 Mei 2013

Program Acara Musik TV Indonesia Era 90an

Sobat Musikindo, saat ini banyak bertebaran program / acara musik di televisi, ada Dahsyat, Inbox, Klik dan masih banyak lagi. Sebenarnya acara-acara musik tersebut bagus untuk disiarkan, namun pada prakteknya malah yang sering dibahas banyolan-banyolan presenternya (contohnya di Inbox SCTV). Selain itu, musisi bintang tamu yang diundang pun kebanyakan boy band / girl band, sangat membosankan bukan? Tapi dulu di tahun 90an juga sudah ada loh acara serupa di beberapa stasiun TV nasional, lebih berkualitas lagi. Nah, pada postingan  kali ini saya akan membahas tentang program musik Televisi yang pernah populer di era 90an. Langsung saja kita simak ulasannya berikut :

1. Album Minggu
Nah, acara yang satu ini pasti kalian semua dah pada tau tentang program musik ini. Saban hari minggu pagi acara Album Minggu ini tayang di TVRI, sambil santai menikmati libur sekolah, sambil dengerin lagu-lagu top chart memang asyik banget. Gak salah jika Album Minggu kala itu menjadi barometer (tolak ukur) bagi program-program musik televisi lainnya pada jaman itu. Acara ini menampilkan berbagai macam video hits dari mulai musik pop, slow rock Malaysia bahkan musik dangdut sekalipun. Masih inget jingle Album Minggu? kira kira benini nih : Album Mingguuu... Album Minggu... Album Minggu Kitaaaaa..."

2. Delta
DELTA singkatan dari Deretan Lagu-Lagu Terpopuler, merupakan program musik yang ditayangkan oleh stasiun TV swasta RCTI setiap hari Senin-Sabtu pagi hari jam 08.00-09.00 kalo gak salah sih. Isinya tentu saja menyajikan video klip dari tembang-tembang Indonesia terbaik yang lagi nge-hits. Acara musik ini tidak sembarangan menayangkan lagu-lagu saat itu, lagu-lagu yang ditayangkan DELTA semuanya berasal dari musisi yang berkualitas dan video klipnya juga nggak murahan. Oh ya, satu lagi yang gue suka dari acara ini adalah sewaktu lagunya di puter, pasti ada narator cewek yang memberikan deskripsi tentang lagu tersebut.

3. September
SEPTEMBER merupakan akronim dari Sepuluh Tembang Bergengsi. Acara yang dipandu oleh presenter Ersa Mayori ini tayang di TPI (sekarang MNC TV) setiap week-end yaitu hari sabtu dan minggu sore pukul 18.00 sampai 19.00. Walaupun cuma tayang di hari sabtu & minggu, namun acara ini sayang untuk dilewatkan, soalnya acara ini berisi top chart lagu-lagu nasional. Acara ini bertahan cukup lama, klo gak salah mulai tahun 1998 hingga 2001 (seinget saya sih). Saya pribadi senang sekali dengan acara ini, saat itu saya masih duduk di bangku SMP.

4. MTV
Acara musik yang dibesut oleh stasiun TV swasta ANTV ini memang berorientasi ke pasar musik, ini merupakan cabang dari acara musik taping serupa MTV international. Dari namanya aja udah jelas MTV, singkatan Music TV, menampilkan daftar tangga lagu terpopuler baik itu lagu nasional maupun lagu-lagu mancanegara. MTV Indonesia sudah mulai tayang sekitar medio tahun 1995, kemudian pada tahun 2002 acara ini pindah ke stasiun TV lainnya Global TV dan mengudara selama 24 jam penuh. Asyiknya lagi, acara MTv ini dipandu oleh seorang/beberapa VJ, dulu sih biasanya kalo gak Dewi Rezer, Sarah Sechan ataupun Nadya Hutagalung atau Arie Untung.

3 komentar :

kangen banget daripada inbox dan dahsyat sekarang benar benar samapah

september masih ingat presenter nya ersya mayori :D

Ada juga acara Zimphoni di SCTV, lupa hari tayangnya, biasanya sore jam 16.30.

Posting Komentar