Selasa, 28 Mei 2013

Menjadi Diri Sendiri Lewat Jalur Indie

Istilah Indie merupakan akronim dari Indiependent, bisa dibaca sebagai sikap kreatif. Dengan berkreasi diluar jalur kaidah yang baku yang banyak dianut kekuatan besar industri. Band indie yang ditampung perusahaan indie atau indie label, adalah cerminan kaum muda yang mengekspresikan kebebasan berkreasi tanpa menggunakan patokan-patokan yang ditetapkan praktisi industri rekaman yang wajib mempertimbangkan pasar. Kaum indie tidak harus bersinggungan dengan pihak lain, mereka hanya memberikan alternatif sesuai selera pribadinya.

Keunikan karakter yang diusung kaum indie telah memancing film maker (pembuat film). Mereka merangkul praktisi indie dalam produksi film mereka. Banyak juga rumah produksi yang memanfaatkan kaum indie untuk produksi sinetronnya. Produser-produser film melihat musik dari Band Indie sebagai kemandekan yang harus segera dicarikan alternatif untuk memberi kesegaran baru.

Penggunaan Band Indie sebagai soundtrack film menjadi semacam pengakuan atas gerak pelaku Band Indie. Mereka bergerak dengan cita rasa yang tidak lazim, dengan komunitas tersendiri dan dengan estetika yang tidak umum pula. Musik mereka tidak dikatakan baru tapi segar. Respon yang diberikan pada band indie sama seperti yang diberikan musisi ternama. Dunia kaum muda indie memang penuh gejolak, potensi mereka seakan diuji oleh pasar.

Apalagi grup indie saat ini jumlahnya ratusan yang tersebar di berbagai kota seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Malang, Semarang, Yogyakarta, memiliki spirit yang sama sebagai kaum yang dipandang sebelah mata dalam dunia rekaman. Pergerakan mereka di bawah permukaan gemuruh industri musik, menempatkan mereka pada posisi yang sangat diuntungkan, mereka bebas menentukan pilihan karena mereka tidak terikat pada pakem yang ditentukan oleh perusahaan yang mengikat mereka.

Mocca adalah sebuah contoh kaum indie yang berhasil mendobrak dominasi industri rekaman. Album pertama mereka laku 75.000 copy dan album kedua mereka laku diatas 60.000 copy yang hingga saat ini masih terus berjalan. 

Angka, ukuran-ukuran komersial dan popularitas memang bukan ukuran yang menentukan segala-galanya dibanding dengan nilai kebebasan yang mereka dapat. Kaum indie merasa nyaman, karena mereka tidak diatur oleh kepentingan luar yang mengeksplorasi karyanya.

Yang perlu diperhatikan adalah selebrasi indie harus dibuat arsip. Band underground seperti ini sedikit orang yang mengurusi, mereka datang dan pergi tanpa meninggalkan jejak. Menurut Ram Punjabi, semangat kaum indie dan sineas muda sama-sama berangkat dari semangat berkarya yang bebas dan mandiri. Menjadi diri sendiri lebih penting dari apapun. Lewat jalur indie mereka menjadi diri sendiri bukan lupa diri.

0 komentar :

Posting Komentar