Rabu, 08 Mei 2013

Grup Musik Indonesia Yang Disangka Berasal Dari Malaysia

Sobat Musikindo99, beberapa waktu yang lalu saya pernah memposting artikel mengenai penyanyi Indonesia yang sukses di Malaysia. Nah, pada kesempatan ini saya akan mengulas mengenai grup band / grup musik asli Indonesia yang disangka grup band asal Malaysia. Siapa sajakah mereka? Tentunya nanti akan saya ulas satu per-satu. Di era 90an, marak grup band maupun penyanyi yang beraliran slow rock, baik yang berasal dari indonesia ataupun penyanyi / band yang berasal dari Malayasia (namun dari Indonesia yang terbanyak adalah penyanyi solo beraliran slow rock, bukan band). Mungkin hal ini yang membuat orang bingung mana musisi yang asli dari Indonesia dengan musisi pendatang dari Malaysia, dikarenakan kesamaan genre musik yaitu musik slow rock khas melayu yang mendayu-dayu. Kerancuan inilah yang ingin saya jelaskan pada topik bahasan kali ini. Oke langsung saja kita bahas mereka satu-satu.

1. Fenomena
Masih ingatkah anda dengan lagu berjudul "Tiada Yang Lain" yang dibawakan oleh grup musik Fenomena pada medio 1997, yang sempat nge-hits di radio-radio swasta nasional? Banyak orang mengira bahwa grup band ini berasal dari Malaysia, padahal mereka asli berasal dari Jakarta Utara, Indonesia bro..! Lagu "Tiada Yang Lain" enak untuk didengarkan, memikat hati, dengan nuansa Melayu yang ringan. Lagu ini pula digunakan sebagai judul album mereka dibawah naungan Blackboard, dimana peredarannya tak hanya dipasarkan di dalam negeri, namun juga hingga ke Malaysia, Singapore, bahkan sampai Brunei Darussalam dan Hongkong. Lihat cuplikan video klip Fenomena "Tiada Yang Lain" pada tautan dibawah ini :
2. Gan Rose
    Masih ingat dengan lirik lagu yang bunyinya kira-kira begini : 

        Siapa dia, ingin ku mengenalnya
        Berkali jumpa ku tyerpesona 
        Sungguh ku telah tergoda... )

Reff :  Masih ingatkah sayang waktu kita bedua
           Kubelai, kau peluk diriku dengan sepenuh hatimu
          Masih ingatkah sayang janji yang kau ucapkan
          Rasa cinta yang indah membuat diriku terlena...)

Itulah cuplikan dari lirik lagu Gan Rose bertajuk "Siapa Dia" yang sempat populer di tahun 1999 di TV maupun radio nasional. Lagu ini terdapat pada album "Sandiwara Biru" terbitan Akurama Records, sering nongol di acara musik Album Minggu TVRI. Dengan gaya rambut gondrong dan pakaian khas rocker jadul di video klip mereka. Siapa yang nyana, kalau lagu yang berirama Melayu ini ternyata dinyanyikan oleh grup band yang berasal dari Indonesia.
3. Asahan
Asahan adalah grup musik slow rock yang sempat populer di tahun 2000 dengan lagu andalannya "Cinta Tasikmalaya", sebuah lagu milik musisi Malaysia, Olan ("Cinta Bandar Tasik Selatan"), yang diaransemen ulang dan dibawakan oleh Asahan. Kira-kira begini liriknya :
          "Tiada apa yang dapat kurasakan
            Selain dari cintaku padamu
            Tiada lafaz sendu yang terindah
            Yang dapat kugambarkan kepadamu...)"

Penggalan lirik lagu diatas adalah lagu yang dibawakan Asahan, berjudul "Cinta Taasikmalaya". Banyak orang menyangka Asahan adalah grup band asal Malaysia, namun kenyataanya, sesuai dengan namanya, mereka berasal dari kabupaten Asahan, Sumatera Utara coy...!

Itulah beberapa grup musik asli Indonesia yang disangka berasala dari Malaysia. 

0 komentar :

Posting Komentar