Selasa, 28 Mei 2013

Biografi Grup Band Deep Purple

Perjalanan panjang dimulai ketika Ritchie Blackmore (gitar), Jon Lord (bammon organ), Chris Curtis (vokal), Dave Curtis (bas) dan Bobby Woodman (drum) membentuk band yang bernama Roundabout di tahun 1968. Hanya sebulan mereka meninggalkan Roundabout, dua anggota lainnya bersama Rod Ivans, Nick Simper, dan Ian Paice mendirikan band yang bernama Deep Purple.

Biografi
Deep Purple terdiri dari Ian Gillan, Roger Glover, Don Airey, Ian Paice, dan Steve Morse. Ian Paice merupakan personil yang tidak pernah keluar dari band ini. Ian Gillan bergabung Deep Purple pada tahun 1969, kemudian dipercaya untuk mengisi album Concerto for Group and Orchestra. Namanya makin melambung setelah menunjukkan kefasihannya berolah vokal di album In Rock, dll. Pria ini sempat bersolo karir, namun di tahun 1984 ia kembali ke Deep Purple. Hingga kini ia masih bergabung dan tetap memiliki album solo seperti Naked Thunder (1990), dll. 
Ian Gillan, Roger Glover juga keluar-masuk Deep Purple. Roger Glover bergabung pada tahun 1969, kemudian ia keluar untuk menjadi A&R pada Purple Record. Sebelum bergabung kembali pada tahun 1984, ia pernah bekerjasama dengan Ian Gillan dalam album mereka Accidently of Purpose dan bermain dalam album Ritchie yang berjudul Rainbow.
Steve Morse masuk pada tahun 1994. Dia sempat menjadi pilot sebelum memulai karir musiknya. Ia pernah belajar gitar klasik dan jazz di Miami University. Tahun 1975 ia mendirikan Dixie Dregs bersama Andy West dan Steve Morse Band pada tahun 1983, dan ia sempat bergabung dengan band Kansas. 
Don Airey merupakan anggota yang termuda, ia bergabung di tahun 2001 menggantikan Jon Lord yang merupakan pemain keyboard. Selama 25 tahun berkarir di dunia musik nama dia bisa ditemukan dalam 200 album dan sekitar 20 band ternama seperti Cozzy Powell, dll.

Perjalanan Panjang Deep Purple
Personil yang selalu berubah merupakan bagian palling menarik dalam sejarah panjang ini. Namun, pergantian tersebut seakan tidak berpengaruh pada sukses mereka. Lagu-lagu hits terus mengalir dari band yang berusia lebih dari 4 dekade ini.

Personil Deep Purple April 1968-Juni 1969
  • Ritchie Blackmore (gitaris)
  • Rod Evans (Vokalis)
  • Jon Lord (Keyboard + Vokal latar)
  • Ian Paice (drummer)
  • Nick Simper (Bas + Vokal latar)
Meski secara keseluruhan sound-nya terdengar kuno, namun dalam Shades of Deep Purple, berusaha meramu lagu-lagunya dengan sound effect dan electronic noises. Kebanyakan karya yang dimuat dalam album merupakan karya Jon Lord. Pergantian personil band Deep Purple sampai saat ini sudah mengalami bongkar pasang personil hingga 8 kali perubahan. Grup band Deep Purple dari maret 2002 sampai dengan sekarang belum mengalami pergantian personil, personilnya hingga saat ini adalah :
  • Ian Gillan (Vokal)
  • Roger Glover (Bas + Vokal latar)
  • Don Airey (Keyboard)
  • Ian Paice (Drum)
  • Steve Morse (Gitar + Vokal latar)
Saat ini Deep Purple sering melakukan serangkaian tur promo sampai ke ujung belahan bumi. Hmm...singa tua ini memang kagak ada matinya..!

0 komentar :

Posting Komentar