Kamis, 30 Mei 2013

Band Malaysia Yang Pernah Populer Di Indonesia

Sobat Musikindo99, bagi anda yang sempat merasakan masa-masa remaja di era 90an mungkin pernah merasakan kejayaan band-band Malaysia di Indonesia. Umumnya sih grup band dari Malaysia memiliki aliran musik slow rock dengan ciri khas nada yang sendu dan tak jarang syairnya mendayu-dayu. Sejak kapan sih grup musik Malaysia mendominasi dunia musik Indonesia? Sebenarnya sih, mereka mulai meramaikan persaingan atau mencoba peruntungannya di industri musik Indonesia sejak tahun 1990, dan lumayan lama "menginvasi" Indonesia (tepatnya selama 1 dekade). Barulah di tahun 1999 banyak bermunculan band-band lokal Indonesia yang memiliki genre musik nan variatif, ada yang beraliran pop, rock, jazz, pop rock, ska dan lain-lain, hingga menggusur dominasi musisi Malaysia disini, itulah sebabnya tahun 1999 merupakan tonggak kebangkitan industri musik tanah air. Sebutlah kemunculan nama-nama baru di penghujung era 90an seperti Sheila On 7, Ada Band, Romeo, Wayang, Stinky, Purpose, Bragi dan lain sebagainya. OK langsung saja kita bahas band-band Malaysia yang pernah nge-trend di Indonesia.

1. Iklim
Grup musik Iklim terbentuk pada tahun 1988 dengan bernaggotakan 5 anak muda asal Trengganu, Saleem (vokal), Umarul (gitar), Mohalim (bas), Huzali (keyboard), dan Kama (drum). Di awal karir, mereka biasanya manggung di berbagai night club dan acara-acara pesta di sekitar tempat tinggal mereka. Nama Iklim dipilih karena saat itu cuaca di Trengganu yang tidak menentu sehingga sering terjadi banjir. Pada awal 90an, album pertama Iklim pun dirilis dengan tajuk "Satu Kesan Abadi" di bawah naungan label SCS Records. Lagu-lagu yang pernah menjadi hits dari band ini antara lain 'Suci Dalam Debu',  'Hakikat Sebuah Cinta', 'Selamat Tinggal Penderitaan', 'Bukan Aku Tak Cinta', 'Bukan Niatku', 'Shella', dan lain-lain.

2. Search
Sebuah band yang sangat fenomenal di awal era 90an itu dengan hits andalannya 'Isabella'. Band ini digawangi oleh sang vokalis Amy Search yang memiliki suara khas rocker dengan lengkingan nada-nada tinggi. Lagu-lagu yang pernah populer dari band ini di Indonesia selai hits 'Isabella' adalah 'Hilang Dalam Terang', 'Fantasia Bulan Madu' (duet dengan lady rocker Indonesia, Inka Christie), 'Kejora', 'Kejoraku Bersatu' dan lain-lain.

3. UK's
UK's atau Ukays adalah grup musik tersohor Malaysia era 90an, dan terbentuk pada tahun 1989. Album perdana yang mereka rilis adalah "Tinggal Irama" (1989). Grup band ini terkenal di Indonesia berkat hits 'Disini Menunggu' yang kala itu jadi top chart tangga musik nasional, tak heran memang, dengan kualitas musikalitas yang diusung oleh UK's. Lagu favorit lainnya dari Ukays adalah 'Cinta Itu Buta', 'Disaat Lukaku Berdarah', 'Ikhlasmu Berbagi Kasih', dan 'Opera Cinta Buta'. Band ini beranggotakan Amir (vokal), Amy (gitar), Daniel (gitar), Olley (bas) dan Amirul (drum).

4. Exist
Exist merupakan grup musik asal Johot, Malaysia yang terbentuk pada tahun 1991. Dan sempat populer di Indonesia tahun 1996 hingga 2002. Lewat hits 'Mencari Alasan' (1996), band ini mampu menduduki top chart tangga lagu musik Indonesia selama beberapa pekan, baik di radio-radio maupun stasiun TV kala itu. Personil band ini adalah Ezad (vokal), Along (gitar), Musa (bas), Ujang (drum) dan Ajai (keyboard). Lagu lainnya yang terkenal adalah 'Dirantai Di Gelangi Rindu', 'Untukmu Ibu', 'Rindu Serindu-Rindunya', 'Usah Tinggal Daku Kekasih' dan lain sebagainya.

5. SLAM
Siapa yang tak kenal dengan grup band slow rock era 90an yang satu ini. Yupz, SLAM mencoba peruntungannya di dunia musik Indonesia lewat lagu 'Gerimis Mengundang' pada tahun 1996 yang kala itu sukses merajai tangga lagu nasional. Sukses grup band ini berlanjut hingga albumnya di tahun 1999 yang juga menjadi hits yaitu 'Rindiani' yang mana album ini berhasil mencetak penjualan yang fantastis. Lagu yang populer dari grup musik SLAM lainnya adalah 'Terasing Dalam Sepi' dan 'Tiada Aku Jemu'.

6. Stings
Band ini tergolong band baru dalam percaturan musik Malindo (Malaysia-Indonesia) dibandingkan dengan nama besar seperti Search, Wings, UK's, Iklim, XPDC dll. Namun Stings sukses mencuri perhatian khalayak musik Indonesia lewat hits andalan mereka 'Adakah Kau Setia' pada awal 1997. Sukses grup musik ini pun berlanjut di album-album selanjutnya, terutama pada album "Kusapu Air Mata Perpisahan" pada tahun 1999. Lagu grup musik Stings yang sempat nge-hits lainnya adalah 'Cinta Memerlukan Kesetiaan', 'Dalam Diam Aku Mencintaimu', dan 'Ku Timang Kasih Ku Timang Sayang'.

0 komentar :

Posting Komentar