Kamis, 07 Maret 2013

Asia Bagus, Ajang Pencarian Bakat Penyanyi Asia Era 90an

"Asia Bagus" merupakan ajang festival menyanyi yang dikhususkan bagi para penyanyi junior internasional Asia. Bagi sobat Musikindo99 yang menjalani masa remaja pada medio 90an, pasti sering nonton acara ini tiap weekend di stasiun televisi RCTI dengan pembawa acaranya Najip Ali. Asia Bagus pada mulanya diikuti oleh peserta dari Indonesia, Malaysia, Jepang dan Singapore. Pada tahun 1991, acara ini diadakan di Singapore, dan pada 1992 di Jepang, kemudian menyusul di Taiwan, Korea Selatan, dan Thailand turut bergabung. Gelaran acara Asia Bagus memang cukup banyak menghasilkan penyanyi-penyanyi kondang di Asia. Lomba nyanyi antar negara Asia ini memang fenomenal pada zamannya, dan Indonesia cukup banyak pula melahirkan jawara-jawara di grand champion pada ajang ini. Salah satu jawaranya yang terkenal adalah Krisdayanti. Kemenangannnya benar-benar membuka luas jalan karirnya di industri musik.

Satu episode ini lamanya 30 menit, awalnya Asia Bagus dimulai dengan pencarian juara mingguan, juara bulanan, dan juara umum untuk tahun itu (grand championship). Namun memasuki tahun ketujuh, Asia Bagus mengalami perubahan konsep penyaringan. Untuk memasuki babak final, peserta diharuskan memenangkan kompetisi sebanyak 3 minggu berturut-turut menghadapi para peserta penantang dari negara lainnya.

Acara ini merupakan hasil kerja sama jaringan televisi Fuji Television dari Jepang, TVRI/RCTI Indonesia, TV3 Malaysia, dan Singapura. Di antara pembawa acara yang pernah membawakan Asia Bagus adalah Tomoko Kadowaki, Najip Ali, Winnie Kok, dan Dewi Sandra.

Acara dibawakan dalam bahasa campur aduk bahasa Inggris, bahasa Jepang, bahasa Indonesia, dan bahasa Malaysia. Di Jepang, acara ini merupakan acara tengah malam yang ditayangkan Fuji Television pada pukul 02.50 dini hari. Di Indonesia, acara ini ditayangkan setiap Sabtu pukul 17.00 sore.

0 komentar :

Posting Komentar