Rabu, 16 Januari 2013

Dari Wulan Ardina Sampai Mulan Jameela

Mulan Jameela sebelumnya dikenal dengan nama Mulan Kwok atau Mulan "Ratu", saat itu ia masih bergabung dengan grup musik Ratu bersama Maia Estianty. Mulan  masuk menggantikan Pinkan Mambo sebagai vokalis ratu pada medio 2005. Bersama Ratu, nama mulan berkibar melalui dua buah albumnya, yaitu Ratu & Friends (2005) dan No. 1 (2006). Akan tetapi, pada awal 2007 Mulan memutuskan hengkang dari Ratu, hal ini konon dikarenakan tidak adanya kejelasan transparansi keuangan dalam manajemen Ratu. Setelah keluar dari Ratu, Mulan bergabung dengan Republik Cinta Management Artist yang dipimpin Ahmad Dhani, suami dari Maia Estianty. Pada pergantian tahun 2008 pun nama Mulan resmi berganti menjadi Mulan Jameela. Tak hanya itu saja, Mulan juga merilis album "Self Titled" dengan tembang andalan 'Makhluk Tuhan Paling Sexy'  dan 'Wonder Woman'.

Perceraian Maia dan Ahmad Dhani kerap dikaitkan dengan kehadiran dirinya diantara pasangan suami-istri tersebut, ironisnya popularitas Mulan saat itu salah satunya adalah berkat jasa Maia Estianty yang "memungutnya" saat melakukan pencarian calon vokalis Ratu dari cafe ke cafe. 

Namun tak banyak orang yang tahu, Mulan sebenarnya pernah eksis di belantika musik Indonesia, jauh sebelum ia bergabung bersama Ratu. Pada tahun 1996 adalah debut Mulan di industri musik, ia merilis album "Aku Tetap Tersenyum" ciptaan Deddy Dores. Di album perdana ini, wanita yang bernama asli Raden Terry Tantri Wulansari ini menggunakan nama Wulan saja. Album perdana Mulan pun sepi peminat. Tak kapok, pada tahun 2000 Mulan pun sempat merilis album "Kekal" karya Yonny Dores. Di album "Kekal" ini ia menggunakan nama Wulan Ardina. Tentu anda sudah dapat menebak aliran musik yang diusung Mulan dengan embel-embel nama "Ardina". Ya, waktu itu penyanyi kelahiran Garut ini merupakan orbitan musisi Deddy Dores, lagu-lagu yang dibawakannya pun bergenre 'slow rock' sepertinya ingin diasosiasikan dengan Nike Ardilla. Entah mengapa di album ini suara Mulan dibuat mirip dengan suara Nike Ardilla, tidak seperti sekarang, mungkin ketika itu ia benar-benar ingin "mengekor" jejak Nike. Lagu 'Kekal' ini sebenarnya adalah lagu daur ulang milik penyanyi Malaysia, Ella di tahun 90an yang sempat populer. Namun, nama Wulan Ardina tak jua dapat terdongkrak, bahkan sampai tak terdengar gaungnya.

Jadi, dalam perjalanannya sebagai penyanyi, Mulan telah 4 kali berganti nama, dan mencapai puncak karir setelah namanya menjadi Mulan Jameela sekarang ini. Karir Mulan di Ratu telah mengubah segalanya, mulai dari nama, penampilan, aliran musik, hingga suaranya pun berubah total. Anda penasaran dengan suara Mulan Jameela saat ini, silahkan download atau lihat video klipnya di bawah ini.
Unduh Video Klip Disini                                     Unduh mp3 disini

1 komentar :

Mulan telah 4 kali berganti nama...... wow

Posting Komentar