Sabtu, 08 Desember 2012

Single Baru Agnes Monica "Muda (Le O Le O)"

Guess Who’s Back On The Game? Yeah, It’s Agnes Monica guys! Kembalinya gadis kelahiran 1 Juli 1986 ini ke kancah musik Indonesia sudah tentu ditunggu-tunggu oleh segenap penggemar yang rindu dengan karya penyanyi multi talenta ini. Pasca merilis Single terakhirnya, "Rindu", yang galau maksimal itu memang Agnes Monica sepertinya semakin disibukan dengan proyek Go International-nya, menjadi juri sebuah ajang pencarian bakat di salah satu stasiun televisi swasta, dan manggung disana-sini. Pulang-pergi Jakarta - Los Angeles tentu saja memakan waktu dan energi yang ekstra sehingga cukup lama Agnes tidak menyapa telinga penggemar musik dengan lagu terbarunya. Mungkin dalam rangka mengobati kegalauan para peminatnya akhirnya Agnes meluncurkan Single terbaru bertajuk "Muda" (Le O Le O) pada 9 November lalu.

Sebelum akhirnya diluncurkan dalam sebuah Full Track Single, Agnes terlebih dahulu memberikan teaser lirik dan judul lagu terbarunya di Twitter pada 25 September lalu, #mudaLeOLeO begitulah bunyinya. Awalnya saya cukup skeptis karena judulnya yang menggunakan "Le O Le O" itu sangat alay dan jauh dari ekspektasi saya yang justru menunggu-nunggu sesuatu yang berbau Go International dari Agnes. Saya sebagai penggemar garis keras Aggy sempat meracau di Twitter soal alaynya Le O Le O itu dan berdebat dengan beberapa teman NIC di BBM. Tetapi kekesalan saya agak terobati seketika setelah melihat video Preview lagu "Muda (Le O Le O)" yang diunggah ke Youtube oleh AgnesMonicaEnt pada 29 September. Ternyata meskipun judulnya alay dan jauh dari ekspektasi saya, Muda (Le O Le O) adalah sebuah lagu yang ear-catching dan Agnes Monica banget. Sekali dengar di teasernya, Chorus lagu Muda langsung bisa menempel di kepala sehingga akhirnya saya bisa memaafkan penggunaan Le O Le O dalam lagu tersebut.

Muda (Le O Le O) dirilis secara resmi pada 9 November 2012 dengan dibarengi dengan TV Commercial sebuah produk Provider yang mempercayakan Agnes Monica menjadi Brand Ambassador-nya. Lagunya sendiri bisa diunduh secara gratis khusus untuk pengguna kartu provider tersebut. Muda (Le O Le O) disajikan dalam tempo sedang yang kental dengan Beat Hip-Hop dan R&B disertai dengan Military Drum dan sedikit unsur etnik dengan rampak kendang di beberapa bagian. Pada bagian Intro perkawinan instrumen musik tradisional dan modern bercita rasa western dihadirkan dengan cukup baik oleh Agnes. Entah siapa yang menggarap aransemen lagu ini yang pasti saya menangkap ada rasa Timbaland pada beberapa bagian khususnya di bagian awal dan penggunaan saxophone-nya seperti yang sering didengar di lagu-lagu Ahmad Dhani tetapi khususnya pada bagian betotan bass-nya terdengar sangat Agnes Monica sekali (seperti pada "Paralyzed" dan beberapa lagu di versi Live) dapat didengar jelas di bagian Pre-Chorus kedua.

Karena ditulis sendiri oleh Agnes Monica, notasi yang terdengar memang sangat Agnes Monica sekali meskipun secara keseluruhan terdengar pengaruh dari lagu – lagu R&B pertengahan 2000-an seperti Timbaland, Rihanna ataupun Kelly Rowland (Like This, anyone?). Ya, ini bukan kali pertama Agnes menulis sendiri lagu – lagunya karena sejak di Era Sacredly Agnezious, Ia sudah membuktikan peningkatan kualitas bermusiknya dengan menulis sendiri lagu-lagunya termasuk yang paling menyayat hati, "Karena Ku Sanggup". Kemampuan Agnes menyusun nada dan kata-kata dalam lirik lagunya semakin matang dan berciri khas seperti yang Ia lakukan pada Single "Muda (Le O Le O)" yang bertema membangun semangat anak muda dan menginspirasi seperti jargon Dream, Believe, & Make It Happen, yang terkenal itu. Tidak hanya mendorong anak muda untuk tak takut berkarya di bidang yang disukai dan mengejar cita-citanya apapun penilaian orang lain dan Agnes pun sepertinya menyinggung soal orang-orang yang meremehkannya dan segelintir Haters-nya lewat lagu ini dengan lirik “Mulut Setan Bicara Tak Karuan”. Intinya sih Agnes melalui lagu ini menumbuhkan rasa percaya diri bagi pendengarnya yang notabene kebanyakan adalah orang-orang di usia muda dan produktif. Agnes memupuk keberanian anak muda Indonesia untuk maju dan beraksi dalam jalur yang benar tanpa harus takut dengan kata orang lain dan merasa dihakimi dengan penilaian-penilaian orang lain. Dengan sendirinya mungkin Agnes ketika menyanyikan lagu ini juga membesarkan hatinya untuk terus berjuang meraih impiannya untuk Go International yang sampai saat ini belum benar-benar terwujud.

Saya sendiri tidak tahu pasti apakah "Muda (Le O Le O)" ini adalah sebuah karya pembuka untuk Era baru Agnes dan karya International-nya atauhkah hanya sekedar Single untuk menjelang konser #20AgnesMonica dan promosi provider, yang pasti Muda (Le O Le O) sudah cukup mengobati rasa kangen saya sebagai penggemar Agnes Monica sejak 11 tahun lalu. Dari sisi musik memang tidak ada yang begitu wah dan hebat tetapi liriknya sangat hidup dan memberi arti kepada lagu ini. Setidaknya saya harus berterima kasih kepada Agnes Monica karena telah membuat lagu yang berkualitas dan tidak alay seperti yang ada di tangga lagu Pop di Indonesia yang dipenuhi lagu-lagu ringan yang hanya sekilas. Untuk kapasitas sebuah single di Indonesia dan untuk memenuhi rasa rindu penggemarnya memang lagu ini sudah cukup memuaskan tetapi rasanya jika ini adalah bagian dari album International-nya Muda (Le O Le O) bukanlah sebuah lagu yang kuat untuk menggaet pendengar baru dan tidak cukup efektif untuk ekspansi karier bermusiknya. Well, I’m Waiting For A Good News Dear Agnezmo!


0 komentar :

Posting Komentar