Kamis, 06 Desember 2012

ClubEighties Luncurkan Album "Summer '83" Di Tahun 2005

Apa yang bisa kita tangkap dari grup band ClubEighties sekarang ini? Bukan materi lagunya yang ‘nendang” tapi malah kuat pada kekonyolan personilnya. Sebenarnya ini bisa berbahaya, karena mereka punya PR yang berat ketika harus merilis album baru. Belum lagi adanya tudingan, kekonyolan mereka hanya membuat mereka “laku” di pensi-pensi saja. Benarkah hal ini? Nyaris benar, seandainya mereka tidak merilis album baru ini. Diberi titel Summer’83, album ini menolong band yang personilnya jebolan Institut Kesenian Jakarta (IKJ) ini. Album ketiga ini menjadi capaian terbaik buat band ini, meski mereka sudah merilis dua album sebelumnya.

Perhatikan single pertama "Dari Hati". Sebenarnya, lagu inilah yang membuat mereka kembali diperhitungkan. Suara Lembu Wiwiro Jati sebagai vokalis, terdengar lebih bulat. Pasalnya, Lembu punya karakter suara yang tipis dan lemah di range tinggi. Nah, lagu ini meminjam istilah seorang sutradara klip, beres banget. Dengan musik minimalis, track ke-4 ini malah terdengar nyaman. Sayangnya, itulah satu-satunya lagu yang kuat di album ini. Untungnya, ClubEighties punya amunisi kuat di lirik. Entah insipirasi dari mana, beberapa lagu cukup menjanikan liriknya, meski secara musikalitas tidak terlalu istimewa. Sebut saja lagu Terimakasih (track 10) atau Bidadari Kecil (track 5).

Sementara kalau kamu mencari warna 80-an yang kental, rasanya hanya lagu Aku Bintang Sekolah yang memenuhi kriteria tersebut. Dengan mengurangi penggunaan shyntizer, lagu ini malah bisa menonjolkan karakter 80-an yang penuh dengan letupan-letupan pada pijakan gitar dan vokal Lembu yang memang terdengar lawas.

Album ini memang bukan pencapaian terbaik ClubEigties, tapi album ini menjadi album terbaik dibanding dua album sebelumnya. Yang jelas, album Summer’83 ini “menyelamatkan” band ini dari kekonyolan yang tidak penting dan sepertinya, undangan Pensi di Jakarta akan makin penuh. Diluar Jakarta? Album ini masih punya peluang menembus kuping daerah.

Track List album Clubeighties - Summer '83:
  1. Clubeighties - Si Om
  2. Clubeighties - Mu dan Nya
  3. Clubeighties - Dulu Kau Bilang
  4. Clubeighties - Dari Hati
  5. Clubeighties - Bidadari Kecil
  6. Clubeighties - Hingga Akhir Masa
  7. Clubeighties - Mabuk Kepayang
  8. Clubeighties - Tinggal Sesalmu
  9. Clubeighties - Yang Tak Termiliki
  10. Clubeighties - Terima Kasih
  11. Clubeighties - Dialah Dia
  12. Clubeighties - Bintang Sekolah
Download album ClubEgihties "Summer '83" disini

0 komentar :

Posting Komentar